Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Ilmu Komunikasi

Prodi Ilmu Komunikasi berorientasi pada Industrial, Global dan Multikultural, membangun sikap kritis dan mencari solusi terhadap problematika yang ada di masyarakat. Konsentrasi Studi yang ditawarkan :

  • Public Relations
  • Periklanan dan Pemasaran
  • Jurnalisme
  • Kajian Media
Kurikulum
Proses pendidikan menggunakan metode Andragogi. Gelar Akademik adalah Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) dapat diperoleh mahasiswa setelah menyelesaikan 144 SKS yang dapat di tempuh dalam 8 semester.
Sosiologi
Program Studi Sosiologi UAJY mempunyai visi sebagai pusat penelitian dan pembelajaran yang mengembangkan kajian bisnis dan media sebagai kekhasan unggulannya, dengan misi mengembangkan potensi dan kapasitas mahasiswa dengan program pendidikan, penelitian, internship,  pelatihan soft-skills dan kewiraswastaan agar mahasiswa siap berpartisipasi dalam berbagai profesi baik sebagai profesional maupun wiraswasta. Kurikulum dirancang dengan tujuan agar mahasiswa dapat :
  1. Memahami peran, proses dan implikasi dari bisnis dan media yang telah menjadi bagian integral kehidupan masyarakat.
  2. Secara komprehensif mengintegrasikan teori dan konsep sosiologi dengan disiplin ilmu lain untuk melakukan analisa kritis terhadap fenomena sosial dalam dunia dan media.
  3. Mengmbangkan keahlian dalam merancang, melaksanakan dan memanfaatkan penelitian kuantitatif dan kualitatif
  4. Menguasai pemanfaatan teknologi dan soft-skills yang dibutuhkan dalam dunia profesional maupun kewiraswasta
  5. Mengembangkan kepekaan dan apresiasinya terhadap keragaman kultural, keadilan sosial dan kelestarian lingkungan
Kurikulum
Kurikulum ini mengintegrasikan aspek teoritik dan terapan, serta pengalaman kerja. Kurikulum dikembangkan dengan karakter inter-disipliner agar dapat secara komprehensif memperkuat kajian bisnis dan media. Oleh karena itu, kurikulum ini memberikan keleluasan bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di program studi yang lain sesuai dengan minat dan kompetensinya yang ingin dikembangkan.
Laboratorium
  1.  Laboratorium Audio Visual dirancang untuk mengakomodasi kepentingan pengembangan dan penelitian komunikasi, terutama yang berkaitan dengan teknologi komunikasi dan informasi.
  2. Pusat Data dan Informasi Sosial (PDIS) / Laboratorium Sosiologi ditujukan untuk pengembangan kemampuan penelitian sosial, dengan fasilitas yang disediakan difungsikan untuk pusat pengolahan dan analisis data serta pusat data dan informasi ilmiah.
  3. Laboratorium Komputer Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik lebih diarahkan untuk membantu proses pembelajaran, terutama dalam mengakomodasi kepentingan praktikum yang melekat pada perkuliahan.

Share This: