Fakultas Teknik

Arsitektur

Prodi Arsitektur memfokuskan kurikulumnya pada Building Design yang dilengkapi dengan Detail Design. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Plus yang mengarahkan mahasiswa diarahkan agar tanggap terhadap isu-isu terkini khususnya isu lingkungan dengan mempertimbangkan budaya lokal (green architecture yang berdasarkan kearifan lokal). Kurikulum tersebut diterjemahkan dalam mata kuliah utama, yaitu Studio Arsitektur (STARS) dirancang untuk berkesinambungan dari STARTS 1 hingga 7 dengan mempertimbangkan juga metode proses pembelajaran untuk penguasaan kompetensi oleh mahasiswa. Mata kuliah STARS juga dirancang untuk terintegrasi dengan mata kuliah Skripsi / Tugas Akhir (TGA), sedangkan STARS 7 diarahkan sebagai Pra-TGA, yang bertujuan membantu mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studi lebih tepat waktu (skripsi + studio TGA diselesaikan dalam waktu kurang lebih 4 bulan).

Selain itu juga didukung dengan kegiatan studi eksekusi dan widya wisata untuk mendukung pemahaman mata kuliah, setra Laboratorium Arsitektur Digital (LAD) dengan komputer yang terinstalasi software-software untuk simulasi perancangan bangunan dan Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Teknologi Arsitektural (PPTA) dengan peralatan untuk penelitian dan praktikum penunjang mata kuliah, misalnya alat sound level meter (untuk simulasi akustik / tata suara) dan heliodon (untuk simulasi tata cahaya).

Gelar kesarjanaan yang di peroleh adalah Sarjana Teknik (S.T.) setelah mahasiswa menyelesaikan beban studi sebesar 146 SKS termasuk Tugas Akhir (TGA) sebesar 4 SKS.

Teknik Sipil

Prodi Teknik Sipil mengacu pada tren perkembangan dunia keteknisipilan masa depan (termasuk sains dan teknologi) dengan merujuk salah satu organisasi teknik sipil yang dominan di dunia, yaitu American Society of Civil Engineer (ASCE) dengan Vision 2025-nya. kurikulum disusun untuk menciptakan lulusan yang knowledgeable, skillful, and embracing attitudes, dengan fokus pada penguasaan kompetensi mahasiswa antara teori dan praktik.

Fokus kurikulum pada penguasaan kompetensi mahasiswa antara teori dan praktik dengan menggabungkan mata kuliah Praktik Perencanaan, Metode Konstruksi, Utilitas Bangunan, dan Kewirausahaan  (Technopreneurship) dengan metode pembelajaran yang sesuai.

Mata kuliah Praktik Perancangan secara komprehensif mengintegrasikan mata kuliah yang lebih dasar pada semester-semester sebelumnya untuk diterapkan dalam perancangan yang lengkap & utuh. Berikut 4 mata kuliah Praktik Perencanaan yang ditawarkan :

  1. Praktik Perencangan Jalan
  2. Praktik Perancangan Bangunan Air
  3. Praktik Perancangan Bangunan Gedung
  4. Praktik Perancangan Proyek

Laboratorium :Ukur Tanah, Bahan Konstruksi Teknik, Mekanika Tanah, Transportasi, Hidrolika, dan Rekayasa Lingkungan, Komputasi Teknik Sipil dan Manajemen Rekayasa Konstruksi.

Teknik Sipil Internasional

Selain program regular dimana pengajaran dilakukan dalam bahasa Indonesia, Program Studi Teknik Sipil juga menyelenggarakan Program kelas Internasional Teknik Sipil yang penyampaian perkuliahannya menggunakan bahasa Inggris dalam ruang kelas ber-AC dengan fasilitas multimedia. Kurikulum Program Kelas Internasional mengacu pada kurikulum Program Kelas Reguler dengan beberapa penambahan materi untuk memberi wawasan global pada mahasiswa program ini. Karena kurikulumnya mengacu pada Program Kelas Reguler dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Program Studi Teknik Sipil.

Share This: