Pecinta Alam “PALAWA”

VISI

Sebagai wadah untuk menampung aktivitas civitas akademika UAJY di bidang kepencintaalaman dan konservasi lingkungan hidup.

MISI

Mengorganisasikan dan mengarahkan aktivitas-aktivitas tersebut agar dapat dipertanggungjawabkan kepada almamater serta membina dan mengembangkan kemajuan ilmu pelestarian alam serta lingkungan hidup untuk berperan secara aktif dan nyata dalam dharma baktinya kepada masyarakat.

Pecinta Alam Mahasiswa UAJY atau biasa disebut PALAWA adalah UKM yang bergerak dalam bidang kegiatan luar ruang kepencintaan alam. Tahun ini PALAWA sudah merayakan hari jadinya yang ke 34 sejak didirikan pada tahun 1976 silam. Sifat keanggotannya UKM ini adalah seumur hidup. Namun untuk mendapatkan keanggotaan resmi atau nomor Register PALAWA (NRP), setiap mahasiswa harus mengikuti pelatihan dasar terlebih dahulu dan memenuhi syarat pendakian gunung.

Semangat kebersamaan dan kerjasama tim telah mendarahdaging dalam setiap kegiatan yang dilakukan PALAWA. Sebab dalam jenis kegiatan luar ruang macam apapun kerjasama selalu menjadi paling penting yang harus dijalankan oleh setiap anggotanya. Sampai saat ini PALAWA memiliki beragam divisi kegiatan luar ruang yang rutin dilakukan seperti pendakian gunung, arung jeram, panjat tebing dan susur gua. Pada tahun ini pula, PALAWA meulai merambah kegiatan olahraga udara yakni paralayang. Dalam spesialisasi kegiatan PALAWA dikenal berkompeten pada bidang susur gua. Baru-baru ini tim ekspidisi PALAWA menyelesaikan perjalanan penelitian speleologi (ilmu tentang gua dan lingkungan) ke Mekongga, Sulamwesi Tenggara. Tak hanya kegiatan yang bersifat petualangan alam terbuka, terkadang PALAWA juga memenuhi permintaan untuk menyelenggarakan outbond. PALAWA juga berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat jika diperlukan. Saat membutuhkan donor darah biasanya pihak yang membutuhkan akan menghubungi organisasi-organisasi MAPALA sebab mereka siaga 24 jam.

Share This: