Resimen Mahasiswa

VISI

sebagai unit kegiatan mahasiswa yang mempunuyai jiwa cinta tanah air dan memiliki sikap patriot dalam melaksanakan tugas dan segala kegiatan internal maupun eksternal.

MISI

Menciptakan mahasiswa sebagai kader-kader penerus bangsa yang displin,tegas,dan juga humanis.
Resimen Mahasiswa (disingkat Menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya.
Anggota menwa (wira) di setiap perguruan tinggi atau kampus membentuk satuan-satuan yang merupakan salah satu bagian organisasi mahasiswa / mahasiswi di unit kegiatan mahasiswa (UKM). Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan UKM lain dan berada langsung d ibawah rektorat.Kami lahir pertama kali dari Brigade XVII yang terdiri dari : Tentara Pelajar, TRIP, TGP, dan Corps Mahasiswa dalam rangka usaha merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara RI.

PROGRAM KERJA MENWA

I. PENDIDIKAN BERJENJANG :

1. Pendidiakn Dasar Militer (DIKSARMIL)
2. Kursus Kader Pelaksana (SUSKALAK)
3. Kursus Kader Pimpinan (SUSKAPIN)

II. PENDIDIKAN KHUSUS :

1. Kursus Pembinaan Mental (SUSBINTAL)
2. Kursus Intelijen / Sandi Yudha (SUSINTEL)
3. Kursus Pelatih (SUSPELAT)
4. Gladi Posko (LATPOKO)
5. Kursus Dinas Staff
6. Latihan Kepimpinan Putri (LATPINTRI)
7. Pendidikan Menyelam / Scuba Diving
8. Pendidikan Search And Rescue (SAR)
9. Pendidiakn Terjun Payung / Para Dasar

Share This: